Asuransi Alat Berat

Asuransi yang dikenal dengan istilah Heavy Equipment Insurance cukup ngetop juga di Indonesia, maklum, sebagai negara yang sedang membangun, asuransi ini diperlukan oleh industri konstruksi, perkebunan dan pertambangan.

Umumnya ada 2 produk asuransi alat berat yang dijual di Indonesia:

– Heavy Equipment (HE) Insurance, ada beberapa wording polis (cenderung tailor made), tetapi yang sering dijual adalah yang orang asuransi bilang Heavy Equipment – MV Amended, dimana karakternya mengadopsi Asuransi kendaraan bermotor PSKBI yang di-amended (ditambahi/diubah).

– Contractor’s Plant and Machinery (CPM) Insurance atau Contractor’s Plant and Equipment (CPE), menggunakan MuncihRe Wording.

Manakah yang lebih menguntungkan?

Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, seperti pembatasan lokasi pada CPM lebih ketat dibandingkan HE, namun dari segi luas jaminan CPM/CPE lebih luas.

Kalau kami sarankan sih mendingan CPM karena lebih well-known di dunia asuransi, jadi bila nasabah pun menghadapi masalah pada klaim, tafsiran lebih jelas.

Tetapi tidak ada salahnya diskusi dengan agen/broker anda karena biasanya kebutuhan lapangan dan budget sangat mempengaruhi. Karena itu penting menyampaikan proteksi apa sih sebenarnya yang anda butuhkan terhadap alat berat anda? Terhadap bencana kah, hilang saja kah, atau kerusakan yang timbul dari alat itu sendiri juga ingin di-cover?

Sampaikan juga budget yang sudah anda siapkan.

Agen/broker yang baik akan memberi pertimbangan-pertimbangan, termasuk juga apa perlu budget anda naikkan.